Tuesday, April 23, 2013

#TeknologiHijau dari Daihatsu untuk Bumi

Malam sobat blogger dimanapun anda berada saat ini…Sudahkah anda menunaikan ibadah sholat Isya'? Kalau belum, sebelum membaca postingan ini, silahkan anda sholat dulu :)

Sepertinya postingan kali ini agak serius isinya dan mungkin lebih panjang. Semoga sobat blogger yang membaca tidak bosan. Karena ini sangat penting sekali infonya buat kita-kita sebagai generasi penerus bangsa. Hidup Anak Muda! *abaikan*

Okay-okay back to the topic.

Pemanasan Global/Global Warming merupakan topik iklim yang hangat untuk dibicarakan beberapa tahun belakangan ini. Benar gak?
Global Warming sendiri adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer,laut, dan daratanBumi.Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa suhu udara global telah meningkat 0,6 derajat Celsius (1 derajat Fahrenheit) sejak  tahun 1861. 


Dan pemanasan global ini diakibatkan oleh aktivitas manusia. Semua pasti sudah tahu akan hal ini. Iya kan readers?

Dampak yang paling kelihatan adalah dampak musim/cuacaMusim Hujan terjadi pada bulan Oktober-Maret dan Musim Kemarau terjadi pada bulai April-September. Tapi nyatanya? Tahun 2013 ini saja Musim kemarau mundur. 
Berdasarkan penelitian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Mei-Juni. 
milkysmile
WOIII!!!JANGAN TIDUR!!AYO BANGUNN!!


Pemanasan Global akan terus meningkat seiring meningkatnya kadar gas rumah kaca. Pemanasan global tidak akan berhenti. Tetapi pemanasan global bisa diperlambat. 

Bagaimana cara memperlambat pemanasan global/ global warming?



Banyak sekali upaya untuk mengurangi pemanasan global. Seperti Aksi Earth Hour pada bulan Maret kemarin(yang belum tahu, cek di postingan sebelumnya.Disini). Dan baru-baru ini manusia mempunyai konsep baru yaitu Teknologi Hijau/ Green Tech

Apa sih Teknologi Hijau itu? 
Apa contohnya teknologi hijau?

Oke.. Mari kita belajar sama-sama. “Ayo teman, berkumpul-berkumpul” ~ℓαℓαℓαℓαℓα~  (ini kenapa jadi nyanyi)
Teknologi hijau (Green Tech) adalah pengembangan dan penerapan produk, peralatan, dan system yang digunakan untuk melestarikan lingkungan alam, yang dapat mengurangi dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan.

Dan seperti yang kita ketahui juga, beberapa tahun belakangan ini. Teknologi semakin maju. Banyak produsen Teknologi yang menerapkan Teknik Green Tech ini kedalam system/produknya.
Hal ini juga tidak luput dari para produsen. Contohnya para produsen Mobil. Sebut saja salah satunya Daihatsu.Daihatsu memiliki inovasi-inovasi untuk turut serta dalam Green Tech tersebut.

Ada 2 Tahap dalam Teknologi Hijau (Greentech) yang dimiliki Daihatsu. Yaitu:

Tahap pertama ‘Eco-Idle’ Technology
Dalam Tahap ini dapat mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet atau ketika berhenti di lampu lalu lintas untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Dan dengan sistem i-EGR dapat meminimalkan gas CO2.


Efisiensi bahan bakar 1st stage mobil daihatsu



Tahap Kedua 2-Cylinder Turbocharged Direct injection

Mesin memiliki komponen-komponen lebih sedikit dan compact yang berdampak pada bobot yang lebih ringan serta menggunakan sumber daya alam lebih sedikit. Woow Kerenn!!!

Efisiensi Bahan Bakar 2nd stage Mobil Daihatsu


Tahap Ketiga Precious Metal-Free Liquid Feed Fuel Cell

Pada tahap ini emisi gas buang CO2 NOL=ZERO=Ramah Lingkungan
Sistem menggunakanSumber Daya ALam yang lebih sedikit dan biaya yang lebih rendah. Dan pastinya mempunyai jarak tempuh lebih jauh daripada teknologi fuel cell lain.

Efisiensi bahan bakar 3rd stage mobil Daihatsu

Info terbaru yang saya dengar. Pemerintah Indonesia serius mengerjakan program mobil hijau(low cost green car) ini. dengan program ini dapat menjadi peralihan dari kendaraan roda dua ke kendaraan roda empat. Sehingga Hal ini bisa menekan angka kemacetan sepeda motor.
Pabrik Daihatsu ini sekarang ada di Indonesia loh!!PT Astra Daihatsu Motor menunjuk Indonesia sebagai production centre kedua setelah Jepang. Wow!! Ditunggu low cost green car nya!! 

"Global warming or global Greening? Choose wisely"

"Say no to the ozone hole!"





Info lomba: disini (DL 5 Mei 2013)
ditulis dalam rangka mengikuti lomba #Teknologi Hijau Daihatsu 
dan Hari Bumi




No comments: