Tuesday, June 7, 2011

Persiapan buat Koser

Assalamualaikum
Sobat blogger... lama nih gak posting. Maaf, kemarin-kemarin aku sibuk persiapan intensif SNMPTN. Doain ya... moga lolos....amien3x... Ya Rabbal Alamin...
Oya... 1,5 bulan lalu aku ngekos untuk pertama kalinya....Rasanya campur aduk ternyata ya......ada seneng, sedih, kangen, berantem. Yang paling berubah saat aku ngekos (oya, aku ngekos di Surabaya. Soalnya aku ikut bimbel disana. Jaraknya lumayan jauh sih dari kosan... sekitar 10 menit naik bemo. aku ngekos di Dharmawangsa 8 no 1. Deketnya Kampus Unair B) adalah... mandiri. ya iyalah mandiri. Memang siapa yang masakin, cuci piring, cuci baju n setrika kalau bukan aku sendiri.... Kalau di rumah mah...enak...ada 'asistennya' ibuk...heheehe...

Banyak yang aku dapat saat aku ngekos disana bareng 3 temenku.... dan aku kasih tahu buat kalian yang mau ngekos buat bimbel intensif snmptn.

- Bimbel dimanapun itu sama saja menurut aku...kadang ada yang bilang.... "aahhhh... jangan di Jember.... kalau disana kita gak update info2 PTN" atau ini "Di Malang, enak sih dingin....tapi kebanyakan anak2 disana bakal sering k mall2....soalnya jaraknya deket sama mall" atau ini "Eh, di Surabaya aja. meskipun panas, tapi anak2nya niat2....jarang jalan2 ke mall...belajar mulu...pateng2" atau  malah sebaliknya....
Notes: Menurutku itu semua salah... kita harus liat.... kalaupun kita niat pengen belajar eeehhhh... temen kita sukanya shopping, malas blajar. Lah kita mau minta ajarin gimana caranya klo temen kita malas.... ato malah sebaliknya.... temen kita yang getol belajar... ehhh... kitanya malah malas, nonton tipi mulu... itu sih sama aja.
Kita harus nyari temen yang bener2 'enak'. beda sekolah itu malah bagus.... kita bisa sharing2 pelajaran.
So, bimbel di manapun itu sebenarnya sama saja. kalau bimbel d Jember n kitanya getol cari info juga bakal enak belajar disana... Meskipun bimbel di Surabaya, tapi temen ato kita sendiri suka jalan2...malas belajar...ya sama saja.heheheehe... Tapi kalau di Suabaya n kita gak bawa kendaraan pribadi insyallah kalau mau jalan2 akan diurungkan. Soalnya pasti males panas-panas naik bemo, nunggu bemo dll...heheehe. Tapi inti dari semua d atas adalah niat dan iman kita. :)
- Oya, belum tentu teman akrab yang biasanya jalan n maen sama kita, enak dijadikan teman satu kamar atau satu kosan.... Malahan ada teman yang tidak begitu dekat dengan kita bikin enak pas satu kamar atau satu kosan. Yang temen dekat malah sering berantem kalau ngekos bareng.... itu ada loh kayak gitu... Tapi tidak menutupi juga teman kongkow enak pas ngekos bareng n berbagi kamar....
Saat ngekos... kalian akan tahu kejelekan n kebaikan teman kos/ kamar kalian.... baik buruknya akan kelihatan.... yang suka marah, yang sok, yang kayak anak kecil, yang cengeng. yang alim, yang sering ngomong jorok. Semuanya akan kelihatan...

- Jangan boros-boros...hindari beli makanan di warung nasi Padang...(mahal boookkk...)
hindari juga fast food like KFC, pizza dll slain gak sehat juga mahal pastinya. Kalau kamu anaknya makannya dikit (kayak aku) mnding patungan sama temen... ngiritttt.... hindari juga cafe atau resto.
Kalau ngekos buat SNMPTN gak usah. aku ulangi sekali lagi. Gak Usah!. Aku pertegas.... GAK USAH (hehehe) bawa peralatan dapur like kompor(mau pindahan neng?), panci, minyak, sutel(bahasa indonesianya sutel apa'an y???hehehe), magic com dll... tapi aku saranin bawa hetler(kalau gak salah namanya ini... yang bikin masak air. Biar kalau pagi-pagi warung2 belum buka. kamu bisa buat sereal ato minuman buat 'ganjel' perutmu saat berangkat les).

Oya, perlengkapan yang harus dibawa saat ngekos adalah
1. Pakaian + pakaian dalam + Sandal + Sepatu
2. Perlengkapan mandi (gayung, sikat, pasta gigi, sabun, handuk, shampoo dll)
3. Perlngkapan sholat + Al-quran
4. Perlengkapan makan (piring, gelas, sendok note:jangan yang mudah pecah)
5. Selimut, Bad Cover (jangan yang tebal-tebal...biar isi tasmu gak banyak2), sarung bantal + bantal (gak semua tempat kos menyediakan bantal).
6. Buku Tulis n soal2 SNMPTN jangan lupa dibawa...ini bermanfaat banget... alat tulisnya juga jangan ketinggalan.
7. Handphone n charger
8. Gula, teh/kopi/susu/sereal yang tahan lama.
9. Kipas angin (kalau daerah kosmu panas seperti Surabaya dan Jakarta)
10. Dompet beserta kartu2 penting (SIM, KTP, Kartu Pelajar, ATM dll)

Insyallah itu yang harus kalian bawa... kalau ada yang mau nambahin silahkan...hitung2 bantu adik2 yang mau kos buat bimbel SNMPTN.
Oya, kalau mau nyari kos2an...biar gak menghabiskna banyak waktu. Kalian bisa minta bantuan kakak2 kelas kalian. Insyallah mereka mau bantu... Ok! mungkin itu saja oleh2 saya(cieee...oleh2...)selama di Ngekos.

Ps: Buat para Koser.... nanti saat kalian Ngekos... kalian dilatih untuk sabar. Di kosan banyak teman yang sifatnya berbeda-beda loh.... Ada yang pendiam banget.... ngomongnya halus...ada yang ngomongnya ceplas-ceplos... bikin sakit ati..ini nih...kita dilatih sabar saat menghadapi makhluk ciptaan Allah yang seeperti ini... ada lagi yang kalau diingetin gayanya sok...sok dia yang benarlah... sok dia yang paling pintarlah, sok dia yang paling kayalah...banyak sok-sok pokoknya dah.... kalian harus sabar... ingat!disini (tempat kos) kalian gak hidup sendiri. Kalian harus tahu diri. Gak boleh seenaknya. Jaga perilaku dan omongan kalian...bisa-bisa kalian menyakiti teman kosan kalian...bisa berabe tuhh... :)

Oke dah...kali ini cukup sekian...besok aku lanjutin lagi Persiapan buat Koser part2. Sekarang mau tidur dulu.... udah dimarahin sama ibuk...heheehe..
wassalamualaikum....



No comments: