Saturday, April 10, 2010

Perjalanan ke Bali(2)

Day 2nd
Pagi yang cerah di bali. Bagaimana dengan kabar Lumajang ya? Oke, karena masih jam 5.30 pagi, dan karena rencana ke pusat oleh-oleh jajanan khas Bali jam 7. maka, sesuai dengan rencana aku dan Dyah, maka kami berjalan-jalan di kantor Bupati Badung.
Tempatnya dekat dengan hotel. Kami tidak berani masuk, karena ada satpamnya. Jadi Cuma lihat-lihat dari luar. Kantornya sangat luas.

Cening Bagus

Setelah sarapan pagi dengan.....(apa ya?aku lupa. Hehehe...)aku pun melanjutkan perjalanan ke pusat oleh-oleh khas bali, Cening Bagus. Yang berada di Jl. raya atu bulan no100x sukowati-gianyar-bali(perjalanan 30 menit dari hotel).

Di sini banyak di jual makanan khas Bali, pakaian, lukisan, serta pernik-pernik khas bali. Tapi untuk catatan, kalau beli selain makanan khas lebih baik jangan disini. kenapa? karena harganya lumayan mahal. mending di Karang Kurnia dan Krisna. toh kualitasnya sama.

Joger

Perjalanan ke Joger kali ini memakan waktu 1,5 jam. cukup lama. Seperti yang telah diketahui oleh orang-orang Indonsia, Joger merupakan salah satu pabrik kata-kata yang ada di dunia. dan tempat ini hanya terdapat di Bali. Jadi, kalau ke Bali jangan lupa mampir bentar ke Joger. Karena kata orang ‘Tidak ke Bali kalau tidak ke Joger’. Karena banyak para pengunjung yang komplain dengan tempat parkir yang kecil yang ada di Joger di jl. Raya Kuta (Tanpa Nomor), Kuta, Bali. letaknya +- 3.499,99 meter sebelah utara internasional Airport Ngurah Rai, Bali (kalau tidak percaya silahkan ukur sendiri!).

Kali ini Joger membuka cabangnya di ........ Dan tempat di sini juga lebih luas daripada di Kuta. selain itu tempat parkirnya juga luas. dan bisa ditempati oleh bus pariwisata.

Setelah smpai di sana kami semua di beri stiker khusus yang di pasang di badan. Stikernya bertuliskan VIP Joger(Very Iseng Person). Di Joger sendiri selain menjual kaos-kaos dengan kata-kata yang aneh dan bikin orang tersenyum-senyum sendiri. Contohnya seperti tulisan yang ada di tas belanjanya, ‘Kalau Anda Suka Joger Berarti Anda Waras, Tapi Kalau Anda Tidak Suka Joger, Berarti Anda Lebih Waras’, juga menjual tas, sandal, asbak, gantungan kunci dll. Harganya (kecuali kaos) relatif murah.

Oya, pas di jalan mau ke Joger mbok Santi bercerita tentang 4 hal yang dilarang saat Nyepi. Yaitu: Amati Geni(dilarang menghidupkan lampu/api/cahaya), Amati Karya(dilarang kerja), Amati Lelungan (dilarang bepergian). Amati Lelaungan(dilarang berfoya2, judi dsb). Larangan ini tidak hanya berlaku bagi umat hindu yang ada di Bali, tapi juga umat beragama lain. Tidak terkecuali para wisatawan Bali. Karena sebagai umat yang beragama harus saling menghormati adat istiadat agama lain.

Bedugul

Setelah membuang uang di Joger. Perjalanan di lanjutkan ke Bedugul. Bedugul terletak di atas bukit dengan suhu sejuk 18 derajat celcius. Meskipun bersuhu sejuk. tapi, tetap saja saya merasa kedinginan. hehehe...

Disini kita bisa melihat pura Uludanu dan danau Beratan. Ada 2 pilihan untuk anda, turun di dermaga (biasanya dilakukan rombongan turis lokal), lalu melakukan wisata air mengelilingi pura Ulundanu, atau langsung mengunjungi ke dalam pura Ulundanu, dan melihat danaunya (biasanya dilakukan turis perorangan atau turis asing). Tapi lebih enak melihat langsung ke kawasan Pura Uludanunya. karena kita dapat menikmati pemandangan yang lebih indah. Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp7500. Untuk menuju ke tempat ini kita harus melewati jalan yang berliku-liku(seperti di Piket Nol). dan biasanya kita akan disuguhi pemandangan para monyet-monyet yang berada di sekitar jalan sana. Perjalanan memakan waktu 1 jam.

Sayang, saat itu cuaca tidak mendukung. ketika selesai makan di salah satu restoran di sana(Ingat! makan sekali lagi gratis. hehehe...). Tiba-tiba hujan mengguyur Bedugul. jadi gak bisa mengelilingi pura Uludanu deh. Hiks..

Pantai Lovina

Tempat ini bagusnya ketika pagi hari. 1 km lepas pantai. kita akan disuguhi oleh lumba-lumba lucu nan imut. hehehe... ketika disana aku tidak ngapa-ngapain. Soalnya waktu sudah sore. Dan disini kita juga tidak bisa melihat sunset. ya udah skedar foto-foto saja disana. Tapi, di pagi hari tempat ini sangat ramai. disini juga terdapat banyak restoran.

Setelah puas melihat pantai. kami pun pulang. see u Bali!! semoga keinginanku untuk Backpackeran ke Bali bareng teman-teman selesai Ujian semester 2 terkabul. smoga teman2 dapat izin dari orang tua masing2. amien3x...