Saturday, June 5, 2010

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Seperti yang telah diumumkan kemarin, jumat 4 Juni 2010, bahwa semua warga SMA 3 Lumajang yang mengendarai kendaraan bermotor diharap mematikan mesin sepeda motor ketika sampai di gerbang. Hal ini merupakan partisipasi anak PALAGA(Pecinta Alam SMA3) untuk memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Sebenarnya sih Hari Bumi yang diperingati tanggal 22 April dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati tanggal 5 Juni pada hakikatnya sama. Cuma, Hari Bumi tidak begitu banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. dan sejarahnya yang berbeda. Tapi, tujuan peringatan hari tersebut sama saja, yaitu untuk menggugah kepedulian manusia pada lingkungan hidup disekitar mereka yang saat ini semakin rusak.

Untuk itu Ayooo....!!!!masyarakat dunia, khususnya Indonesia untuk peduli terhadap lingkungan disekitar kita. Ada banyak cara untuk menyelamatkan bumi tercinta ini. Yaitu:

1. Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).

2. Matikan listrik (jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger telp. genggam dari stop kontak. Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan baker fosil penyumbang besar emisi).

3. Ganti bohlam lampu (ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya agak mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet).

4. Kurangi AC, Untuk mengurangi pemakaiannya, gunakan kipas angin, atau buka jendela untuk aliran udara.

5. Tanam pohon di lingkungan sekitar Anda.

6. Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.

7. Gunakan "Transportasi hijau" kendaraan umum (untuk mengurangi emisi karbondioksida).

8. Bawa tas kain sendiri ‘Say no to plastic’.Hampir semua sampah plastic menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Atau Kamu juga dapat membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.

9. Hemat juga pemakaian tisu dan kertas. Memakai dua sisi kertas, misalnya, salah satu upaya menyelamatkan pohon.

10. Galang kepedulian Misalnya, dengan menulis atau berbicara dalam forum dan media. Bikin acara semacam aksi tanam pohon bareng teman-teman kampus, sampai masuk dalam organisasi peduli lingkungan.

11. Jangan membakar apa saja, bahkan rokok.

12. Jika Kamu menghentikan kendaraan dalam waktu yang tidak lama, jangan matikan mesin kendaraan.

13. Kurangi bawaan pada kendaraanmu untuk mengurangi beban, bahkan mengeluarkan sebatang pensil dari kendaraanpun akan membantu.

14. Meminimalisir penggunaan styrofoam (gabus sintetik) untuk bungkus makanan.

15. Lihat dan periksa kembali jika kamumenggunakan aerosol, cat, AC, apakah mengandung khlorofluorokarbon (CFC).

16. Jangan beli barang apapun yang langsung dibuang sesudah dipakai sekali, jika ada barang sejenis yang dapat dibeli sebagai investasi jangka panjang.

17. Katakan pada seseorang jika Kamu melihatnya membuang sampah secara sembarangan.

18. Jangan sekali-sekali memotong tanaman atau menebang pohon karena tetumbuhan membantu menyelamatkan bumi.

19. Menggunakan Air sehemat mungkin untuk mencuci kendaraan dan menyiram kebunmu.

20. Jangan gunakan bahan kimia terutama bahan detergen dan bahan pembersih yang mengandung phospat.

21. Jangan pergunakan gambar-gambar yang yang tidak dibutuhkan dalam sebuah tulisan, karena gambar membutuhkan tinta yang lebih.

22. Mulailah menanam tanaman dengan teknik hidroponik (ditanam tanpa menggunakan tanah dan hanya memberi gizi secukupnya di dalam air.

23. Untuk pedagang keliling, jangan menghidupkan alat-alat yang menimbulkan suara bising, kecuali untuk memberikan demonstrasi kepada konsumen.

24. Yang Terakhir, Ajak Ayah, Ibu, Adik, Kakak, Saudara, Tetangga,Teman untuk Go Green!!!!

Apapun yang kamu lakukan, berpikirlah dulu apakah merusak lingkungan atau tidak!!!

No comments: