Tuesday, February 25, 2014

I'm Sick..


Pagi semuaa.. *upss..* assalamualaikum ukhti akhi :)

3hari ini aku lagi sakit. Sepertinya akibat makan sushi, yang ternyata adalah shrimp sushi. Dan tahu sendiri saya alergi udang. alhasil saat makan sushi. Langsung lidah gatal-gatal. Setelah diminumi hot taro latte. udah gakpapa. Ehh.. tiba-tiba..besok paginya sakit tenggorokan. Sulit nelan ludah. Siangnya tambah parah. Mendadak pusing dan pilek.. jiahhh.. drop dah. searching-searching di mbah google. Penyebab dari radang tenggorokan adalah salah satunya alergi.. Emaaakkk..*nangis d pojokan-lebay* dan biasanya akan dilanjutkan dengan batuk-pilek-dan pusing. oke sekarang pilek dan batuk. Semoga saja tidak terjadi batuk-batuk. Tapi ternyata Tuhan punya kuasa lain.. Paginya aku batuk-batuk..kondisi tambah drop. 
Aku paling anti sebenarnya sama obat. Soalnya kalau biasanya pilek(kebiasaan pilek) di diemin saja. nantinya juga bakal sembuh. Tapi ini beda. Tubuh udah drop banget. Gak bisa konsen ngerjain tugas. Alhasil aku beli obat batuk dan minum obat pilek dan pusing yang beberapa hari lalu aku beli buat adikku.

Tiap hari mencoba untuk mengkonsumsi minuman jahe hangat. Dan ternyata, minuman jahe hangat itu banyak banget manfaat dan khasiatnya. Sepertinya kebiasaan minum jahe hangat harus dilanjutkan. Hahaha.. 
Manfaat Minum Jahe Hangat:

1. Mencegah Rasa Mual 
Minum secangkir teh jahe sebelum bepergian dapat membantu mencegah mual dan muntah saat bepergian. Anda juga bisa minum secangkir teh jahe saat pertama merasakan mual untuk meringankan gejala.

2. Meningkatkan Kinerja Perut
Teh jahe berguna dalam meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan. 


3. Mengurangi peradangan
Jahe mengandung sifat anti-peradangan yang membuatnya obat rumah ideal untuk masalah otot dan persendian. Selain diminum, air jahe juga bisa digunakan untuk merendam sendi yang meradang.


4. Mengatasi masalah pernafasan
Teh jahe dapat membantu mengurangi hidung tersumbat yang terkait dengan flu biasa. Cobalah secangkir jahe hangat untuk mengatasi gejala pernapasan akibat alergi lingkungan.



5. Meningkatkan sirkulasi darah
Vitamin, mineral, dan asam amino dalam jahe bisa membantu memulihkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang pada gilirannya bisa mengurangi kans terkena penyakit kardiovaskular. Jahe bisa mencegah lemak tersimpan dalam arteri dan mencegah risiko serangan jantung dan stroke.


6. Meringankan ketidaknyamanan saat menstruasi
Yang satu ini adalah untuk semua wanita yang menderita kram menstruasi. Cobalah rendam handuk dalam teh jahe hangat letakan ke perut bagian bawah. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengendurkan otot-otot. Pada saat yang sama, minumlah secangkir teh jahe yang dicampur madu.


7. Memperkuat kekebalan tubuh
Jahe bisa memperkuat imunitas karena tingginya kandungan antioksidan dalam jahe.


8. Mengurangi stres
Jahe mempunyai sifat yang menenangkan yang memungkinkan menurunkan stres. Diduga ini disebabkan karena adanya kombinasi aroma yang kuat dan sifat penyembuhan dalam jahe.



9. Mengobati Sakit Kepala
Sakit kepala seperti pusing-pusing dan sakit kepala sebelah (migren) dapat teratasi dengan cara mengunyah jahe yang segar selama tiga puluh menit.

10. Jahe Sebagai Anti Virus
Jika anda adalah seseorang yang sedang menderita sakit pilek atau flu, anda bisa jadikan jahe sebagai solusi penyakit anda dengan cara meminumnya.
11. Mengobati Alergi
Sifat Antihistamin yang terkandung di dalam tanaman jahe sangat baik untuk di konsumsi oleh orang yang memiliki alergi.
12. Menghilangkan Gatal Pada Tenggorokan
Tenggorokan yang gatal, dan berujung batuk – batuk bisa anda atasi dengan cara menjadikan jahe sebagai minuman hangat yang bisa anda konsumsi sebanyak tida kali dalam satu hari.

sumber: tempo





No comments: