Thursday, August 1, 2013

[7WONDERS]Keindahan Gunung Bromo-Tengger


Pagi ini…seperti hari-hari biasa..bangun tidur lihat facebook+twitter+blog. (kebiasaan anak muda jaman sekarang..beda banget sama jaman dulu..bangun tidur bantu ibuk. :D)
Baca Twitternya DaihatsuInd..Lagi-lagi Daihatsu mengadakan lomba. Kali ini bersama viva.co.id, Daihatsu mengadakan lomba  dengan judul ‘TERIOS 7-WONDERS HiddenParadise’ JELAJAH 7 KEAJAIBAN NUSANTARA.

Jiwa blogger  & backapckerku pun tergerak..Hahaha..siapa coba yang gak pengen dengan hadiah lomba blog ini. 5 Blogger yang terpilih akan diajak jalan-jalan ke [Sawarna-Kinahrejo-Tengger-Plengkung-Sade Rambitan-Dompu-Pulau Komodo] dengan naik mobil Terios..

This time to say “WOOOWW”

Ini lomba blog dari Daihatsu kedua yang aku ikuti. Yang pertama tentang #TeknologiHijau dari Daihatsu untuk Bumi Meskipun belum pernah menang. Apa salahnya mencoba lagi dan lagi…Selain mencoba peruntungan mendapatkan hadiah juga berbagi info dan pengalaman dengan teman-teman rasanya senang sekali ^^   

Oya, buat kalian yang mau ikutan lomba ini. Silahkan klik banner  “TERIOS 7-WONDERS Hidden Paradise” di bagian akhir postingan ini. Lomba blog Daihatsu dan Viva.co.id ini berlangsung sampai tanggal 31 Agustus 2013.
Doain aku menang yaa..hehehehe *ngarep*

Untuk Lomba kali ini. Aku akan membahas tentang Keindahan Gunung Bromo Tengger. Wae?Why?Kenapa Gunung Bromo Tengger?
Apa karena kamu suka hiking?No-no-no.. Ini karena dari beberapa pilihan yang diberikan oleh Daihatsu dan Viva.co.id, Cuma Gunung Bromo Tengger lah yang pernah aku kunjungi.
Aku belum pernah pergi ke Pantai Sawarna, Desa Kinahrejo,Plengkung-Alas Purwo,Desa Sade Rambitan-Lombok, Dompu-NTB, dan Pulau Komodo (sungguh melas nasibku). Daripada aku Sharing tempat yang belum aku tahu, lebih baik sharing tempat yang aku tahu dan pernah kesana J

Oke-oke..kapan nih nulisnya? (Lohh..aku kan dari tadi udah nulis :p)

Oke..sekarang mari kita bahas Gunung Bromo Tengger.
Siapa yang tidak tahu Gunung Bromo?Semua orang di Indonesia ini pasti tahu Gunung Bromo. Meskipun tidak semua orang pernah kesana.

Gunung Bromo adalah salah satu Gunung yang ada di Jawa Timur. Letak Gunung Bromo ini berada dalam empat wilayah, yaitu kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang(Lumajang?Yeaahh..My town. Bangga Lumajang punya Gunung Bromo). Dan Bromo memiliki ketinggian 2392 mdpl.

Informasi dari Mbah google. Gunung Bromo berasal dari Bahasa sanskerta, yaitu Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu.  Sampai tulisan ini dibuat gunung Bromo merupakan gunung yang masih akif. Inilah yang menjadi salah satu point kenapa Gunung Bromo menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.(Wikipedia.org).

Ada apa sih di Gunung Bromo?Kita bisa lihat apa saja disana?

Selain wisatawan bisa menikmati sunrise di bukit penanjakan, wisatawan juga disuguhi lautan pasir yang terbentang 10km. Dan di sekitar lautan pasir terdapat bangunan Pura. Pura Luhur Poten.

Pengalaman 2 kali ke gunung Bromo. Membuatku tidak bosan untuk menikmati Gunung Bromo.
Di Bromo sudah banyak tempat tinggal buat para wisatawan. Mulai dari Losmen sampai Hotel. Harganya juga terjangkau. Dulu, waktu kedua kalinya ke Bromo, saya dan teman satu kelas saya menginap di sebuah Losmen. Harganya waktu itu 600.000(Tahun 2010) 1 losmen.
Untuk wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Bromo. Disana banyak warung/toko penduduk asli Bromo Tengger yang berjualan oleh-oleh khas Bromo. Mulai dari Gantungan Kunci,pin, sampai Kaos juga ada. Dan tidak ketinggalan pula.Bunga Edelweis-Anaphalis javanica. Disana banyak penjual Bunga Edelweis.
Si Bunga Keabadian
Info singkat. Bunga Edelweis disebut sebagai Bungan keabadian. Karena bunga ini ketika sudah dipetik tidak akan berubah bentuk dan warnanya, selama disimpan di tempat yang kering dalam suhu ruangan.
Konon Bunga yang dianggap sebagai bunga lambing cinta,ketulusan, pengorbanan dan keabadian ini sekarang mulai dikategorikan sebagai tanaman langka. Sayang sekali Guys… Kita sebagai generasi penerus bangsa. Harus bisa menjaga tanaman-tanaman langka ini agar tidak punah.

Back To The Topic Guyss!!!

Jika ingin melihat Sunrise di atas bukit penanjakan. Berangkatlah sebelum subuh.
ada 2 alternatif untuk mencapai penanjakan dari penginapan. Bisa menyewa jeep bisa juga jalan.
2 kali ke Bromo aku sudah mencoba semuanya. Waktu pertama kali kesana, saat SMP. Aku bersama rombongan menyewa jeep. Sedangkan waktu bersama teman-teman SMA saat kelas 2. Dari penginapan kita jalan. Cukup menguras tenaga. Tapi inilah asiknya..Kita bisa menikmati hawa dingin Bromo.



Info Singkat lagi. Suhu udara di Bromo sekita 3 derajat -20 derajat celcius. Bahkan bisa dibawah nol derajat saat musim kemarau datang. So, buat teman-teman yang tidak tahan dingin. jangan Lupa membawa paaian tebal.
Pose Di depan Pura Luhur Poten(2010 silam)

Back To The Topic Again Guyss!!!

Setelah sampai Bromo. Kita harus berjalan 2-3 kilometer untuk mencapai Puncak. Tenang, jika kalian tidak kuat untuk berjalan. Disana sudah tersedia kuda-kuda yang siap mengantarkan kita sampai ke kaki Tangga sebelum menuju Bukit. Pas pertama kali kesana aku naik kuda. Karena belum berpengalaman ke Gunung. Saat itu harga sewa kuda sekitar 25.000-30.000. Kalau sekarang kurang tahu.hehehe

Anak Tangga menuju kawah gunung

Tidak begitu jauh dari Gunung Bromo. Terdapat Pura Luhur Poten. Pura ini merupakan pusat ibadah masyarakat bromo-tengger yang mayoritas beragama Hindu.

Adat Istiadat Suku Tengger-Bromo
Jika kalian datang pada bulan Kasada/Kesepuluh (sekitar bulan September-November), kalian akan melihat adat Istiadat suku Tengger yang masih ada sampai sekarang, yaitu Festival Kasada. Dimana suku Tengger datang ke Bromo melempar sesajen terdiri dari sayuran, ayam dan uang  ke dalam kawah gunung(indonesia.travel)

Dan Pastinya pada saat itu. Di Pura Luhur Poten bakal ramai banyak orang hindu untuk ibadah disana.
Dan Pastinya lagi Guys…Pada saat itu akan ada banyak pendaki gunung,backpacker baik local maupun mancanegara datang ke Bromo. Untuk melihat dan merekam event ini.

Selain itu. Adat Istiadat Suku Tengger Bromo yang masih berkembang hingga saat ini adalah Entas-Entas, yaitu Upacara 3 Hari dari Penyucian(Palukaton) dan membantu roh orang mati menemukan jalan nirwana(Wow)  dan Pemilihan Kepala Adat(Dukun).

Dengan keindahan-keindahan diatas itulah Gunung Bromo bisa menarik para wisatawan.
Dan beberapa belakangan ini. Tepatnya pada tanggal 21-22 Juni 2013 Di Gunung Bromo diadakan Jazz Gunung. Adalah Acara musik yang diadakan setiap tahun untuk pecinta music jazz. Lihat foto-foto acara ini. Jadi ingin sekali menonton jazz gunung. sayang, waktunya sudah lewat

Selain menjadi tempat wisata. Gunung Bromo kerap kali menjadi tempat untuk foto prewedding. Tidak sedikit calon pengantin menjadikan Gunung Bromo sebagai lokasi foto prewedding mereka.
Dan selain itu. Tidak sedikit Film-Film Indonesia maupun Luar yang menjadikan Gunung Bromo sebagai lokasi syuting untuk filmnya. Sebut saja film dengan judul Heavy Metal, The Philosophers,Pasir Berbisik,dan Film Tendangan dari Langit.

Oke-oke kayaknya udah panjang banget aku ngetiknya..berapa hari nih ngetik ginian???kekeke…
Gak nyesel deh kalau kalian mencoba travelling ke Bromo ^^

Visit Jawa Timur!Visit Bromo Mountain  

*Kenapa jadi iklan gini??*

I Love Hiking!!! I Love Travelling!!! How About You Guys?

“Travelling..awalnya membuatmu tak mampu berkata-kata. Namun Sesudahnya. Kamu akan menjadi seorang pencerita yang baik” ~Ibnu Batuta



4 comments:

Dhan Ramadhan said...

keren reviewnya cukup bermanfaat nih buat para traveler indonesia yang ingin lebih mengenal banyaknya keindahan alam di negeri kita ini. Permisi saya juga mau share info tujuan wisata lainnya nih , di mohon komentarnya yang membangun. http://resturamadhandream.blogspot.com/2013/08/7-wonders-plengkung-alas-purwo.html

NetCenter said...

salam kenal mbak,, saya juga blogger asli Lumajang :)

Radyta Alfiyah said...

@NetCenter:
waahh..salam kenal juga :)
makasih sudah mampir

Radyta Alfiyah said...

@Dhan Ramadhan:
Terimakasih atas kunjungannya :)